Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya
Dalam alur Demonstrasi Kontekstual modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, CGP diminta untuk melakukan analisis video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid. Dalam mealkukan analisi, CGP diarahkan untuk mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah pernah didiskusikan pada modul 1.3.
Hasil Analisa
Setelah menyimak dan menganalisis cuplikan video di atas, dapat disimpulkan bahwa:
1. Visi Sekolah
Mencetak siswa yang mandiri, kreatif dan berkarakter sesuai dengan profil pelajar pancasila.
2. Prakarsa Perubahan
Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
3. Pertanyaan utama
"Bagaimana mewujudkan kelas yang nyaman, menyenagkan serta dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar?"
4. Tahapan BAGJA
Buat Pertanyaan Utama
Pertanyaan Utama:
1. Bagaimana menumbuhkan semangat belajar pada murid?
2. Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?
Tindakan:
1. Guru berkordinasi dengan kepala sekolah dan mendiskusikan prakarsa perubahan yang akan dilakukan dengan rekan sejawat.
2. Guru meminta murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang akan dapat meningkatkan semangat belajar.
Ambil Pelajaran
Pertanyaan Utama:
1. Kegiatan apa yang dilakukan untuk mengidentifikasi keinginan murid untuk meningkatkan semangat belajar?
2. Upaya apa yang perlu dilakukan untuk menggali inspirasi sehingga terwujud kelas impian murid?
Tindakan:
1. Guru meminta murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saj ayang dapat memotivasi mereka untuk lebih giat belajar.
2. Guru meminta murid untuk bercerita tentang hal-hal yang disukai dari kelasnya.
3. Guru mengajak murid untuk mengunjungi kelas lain untuk menambah inspirasi mengenai kelas impian.
Gali Mimpi
Pertanyaan Utama:
1. Apa yang perlu dilakukan untuk menggali keinginan dan harapan murid sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar murid?
Tindakan:
1. Guru mengajak murid untuk membayangkan kelas impiannya.
2. Murid menuangkan idenya dalam bentuk gambar kelas impian.
3. Murid mempresentasikan gambar kelas impiannya.
Jabarkan Rencana
Pertanyaan utama:
1. Apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan kelas impian yang dapat meningkatkan motivasi belajar murid?
Tindakan:
1. Guru mengajak murid untuk menyebutkan apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian.
2. Guru memfasilitasi murid untuk menuliskan kebutuhannya di papan tulis.
Atur Eksekusi
Pertanyaan Utama:
1. Siapa saja yang terlibat untuk mewujudkan kelas impian murid?
2. Kapan mulai dilaksanakan dan rencana linimasa kegiatannya?
3. Bagaimana pelaksanaannya agar kegiatan ini sesuai dengan rencana?
Tindakan:
1. Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok.
2. Guru berdiskusi dengan murid untuk menentukan waktu pelaksanaan.
3. Guru berkolaborasi dengan semua pihak, khususnya murid, mewujudkan kelas impian yang dapat meningkatkan motivasi belajar murid.
5. Peran Pemimpin
Peran guru sebagai pemimpin pembelajaran yang tergambar dalam cuplikan video yaitu adanya kemampuan untuk mengembangkan komunitas belajar di kelas melalui pendekatan berbasi aset (Asset based thinking) untuk mewujudkan kelas impian yang mampu meningkatkan motivasi belajar murid. Selain itu, guru sebagai pemimpin pembelajaran juga mampu berkolaborasi dengan teman sejawat dalam merumuskan prakarsa perubahan dan mampu menggerakkan murid untuk mewujudkan kelas impiannya. Guru juga mampu menggali aset sekolah dalam melaksanakan prakarsa perubahan.
6. Modal Utama dan Pemanfaatannya
Modal yang dimiliki dan dikembangkna oleh guru yang terdapat dalam cuplikan video, diantaranya:
1. Modal Manusia
- warga sekolah yang mendukung
- rekan sejawat yang mampu berkolaborasi
- murid yang kreatif
2. Modal Sosial
- Kerjasama yang baik dengan rekan sejawat
- Hubungan serta kerjasama yang baik antar guru dan murid
3. Modal Fisik
- Ruang kelas yang merupakan objek utama yang akan diwujudkan dalam bentuk kelas impian
- Ornamen-ornamen yan digunakan sebagai hiasan
4. Modal lingkungan/alam
- Bahan-bahan ramah lingkungan yang dijadikan sebagai media penghias ruangan
5. Modal Agama
- Sikap sopan santun serta gotong royong antar aktor-aktor yang terlibat membantu dalam mewujudkan kelas impian
6. Modal Finansial
- BOS (Bantuan OPerasional Sekolah) yang menjadi sumber pendapatan utama sekolah dapat dialokasikan untuk mendanai program kegiatan
7. Modal Politik
- Kebijakan kepala sekolah yang memberikan izin diadaknnya kegiatan ini.
Dari hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa guru yang digambarkan dalam cuplikan video telah menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran yang dapat mengembangkan aset sekolah dalam mewujudkan prakarsa perubahan yang berpusat pada murid.
Komentar
Posting Komentar