Koneksi Antar Materi Modul 3.3

 Pemikiran Reflektif Terkait Pengalaman Belajar

Modul 3.3 Program Pendidikan Guru Penggerak membahas tentang Pengelolaan program yang berdampak pada murid. Seperti pada modul-modul sebelumnya, aktivitas dalam modul ini menggunakan alur MERDEKA. Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata. 

Mempelajari modul ini sangat memberikan pemahaman baru bahwa sebuah program disusun melalui serangkaian proses yang melibatkan sekuruh aspek sekolah dan melaui pertimbangan-pertimbangan yang mengarah pada pembentukan lingkungan yang berdampak positif bagi murid, khususnya students' agency, atau dikenal dengan kepemimpinan murid.

Hal yang sudah baik yang telah saya lakukan selama mempelajari modul ini adalah bahwa sebagian dari langkah-langkah penyusunan program ini sudah saya laksanakan. Ada beberapa yang perlu diperbaiki yaitu keterlibatan murid bukan hanya dalam langkah pelaksanaan namun mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

Modul ini menyajikan materi yang mampu meningkatkan kompetensi guru dalam berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah dalam menyusun sebuah program.

Analisis Untuk Implementasi

Setelah memasuki alur koneksi antar materi, masih ada pertanyaan yang terlintas yaitu bagaimana cara mengaplikasikan seluruh materi ini serta sejauh mana saya mampu optimal dalam melakukan aksi nyata.
Insight baru yang saya dapatkan melalui alur pembelajaran di modul ini adalah tentang keterlibatan murid dan pemetaan aset serta inquiry apreciative dalam rancangan BAGJA membuat saya memiliki serangkaian rencana penyusunan program-program yang berdampak positif bagi murid.

Semua itu tak lepas dari tantangan. Dalam menjalankan sebuah program pasti akan ada tantangannya. Jika melihat ke belakang, tantangan yang cukup sering dijumpai adalah bagaimana menghadapi perbedaan pendapat dengan tim. Dalam teamwork dibutuhkan kekompakkan yang nyata.

Rencana solusi bagi tantangan di atas adalah tentang komunikasi. Bagaimana kita mampu mengkomunikasikan ide dengan baik sehingga dapat dihasilkan keselarasan yang menuju pada kekompakkan dan kesamaan visi serta misi.

Membuat Keterhubungan

 Modul 1.1 Refleksi filosofis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara
Dalam modul ini dibahas tentang prinsip dasar pendidikan yang berpihak pada murid. Pengelolaan program yang berdampak pada murid berkaitan erat dengan pendidikan yang berpihak pada murid.

Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru penggerak
Peran guru penggerak sangat dibutuhkan dalam mengelola program yang berdampak pada murid. 

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Visi dapat terealisasi dalam wujud sebuah program. Berhasilnya pengelolaan program yang berdampak pada murid menjadi salah satu indikator terwujudnya visi guru penggerak.

Modul 1.4 Budaya Positif
Budaya positif yang ditanamkan pada murid menjadi modal dalam menumbuhkan karakter positif murid. Lingkungan dengan budaya positif ini tentunya menjadi salah satu aspek pendukung keberhasilam program yang berdampak bagi murid.

Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid
Pembelajaran berkualitas yang berpihak pada murid diwujudkan dalam strategi pembelajaran berdiferensiasi yang didalamnya terimplementasi secara implisit tentang students' agency yang dilibatkan.

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional
Program yang berdampak pada murid bukan hanya terwujud dalam pembelajaran intrakurikuler namun juga terwujud dalam bentuk pembelajaran sosional emosional yang menumbuhkan kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik
Dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid dibutuhkan gaya komunikasi yang mampu meningkatkan kompetensi semua pihak. Jenis komunikasi yang digunakan adalah teknik coaching.

Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin
Dalam mempimpin sebuah program yang berdampak pada murid, dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan keputusan.

Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Guru sebagai pemimpin pembelajaran harus dapat mengelola program dengan memetakan dan mengidentifikasi aset yang ada di sekolah

Modul 3.3 Pengelolaan Program yang berdampak Positif pada Murid
Students' agency merupakan kemmapuan murid untuk mengarahkan pembelajaran, membuat pilihan, menyuarakan opini, dam memiliki rasa memiliki. (Voice, choice, dan ownership).

Setelah menjalankan alur MERDEKA dari setiap modulnya, sebagai rencana penerapan di masa yang akan datang, saya akan menjadikan materi di modul-modul yang telah dijelaskan di atas sebagai dasar dalam penyusunan sebuah program yang berdampak  positif bagi murid, baik itu dalam kegiatan intrakurikuler, ekstra kurikuler maupun ko-kurikuler.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih PAUD Insan Madani : Pengalaman Pendidikan Yang Berkualitas

Menemukan Semangat Baru di Temu Pendidik Nusantara XI

"Cerita Sebelum Bercerai", Sebuah Catatan Romantis Seorang Suami (Book Review)